BUAH JERUK YANG KAYA MANFAAT

Jeruk telah lama dikenal sebagai buah deangan rasa segar yang sangat kaya akan vitamain dan mineral.Sayangnya manfaat dari buah jeruk hanya dikenal sebagai sumber vitamin C saja. Padahal buah jeruk juga banyak mengandung gizi lainnya yang terdiri dari karbohidrat, potasium, folat, kalsium, thiamin, niacin, vitamin B6, fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat, dan senyawa fitokimia.

Karbohidrat (istilah lain yang dikenal dengan serat makanan) sangat baik untuk kesehatan. Serat makanan ini akan mengikat zat gizi di dalam tubuh manusia, sehingga dapat membantu memperlambatb proses pengosongan lambung serta proses pencernaan dan penyerapan. Karbohidrat juga membantu menurunkan kadar kolestrol dengan cara mengganggu proses reabsorpsi asam empedu.

Vitamin yang paling dikenal dalam buah jeruk adalah vitamin C. Hasil penelitian terbaru menunjukan bahwa vitamin C daapt mencegah kenaikan LDL reroksida(faktor penyebab berkembangnya penyakit jantung). Selain itu, vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan termasuk jeruk dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap kanker.

Buah jeruk yang kaya akan vitamin C, juga dapat memberikan efek pencegahan dan penyembuhan terhadap penyakit seperti perngeroposan tulang, asma, gangguan fungsi kognitif dan batu ginjal. Tetapi sayangnya masih diperlukan riset lebih lanjut untuk membuktikannya.

Vitamin esensial larut air lainnya yang terkandung dalam jeruk adalah folat. Vitamin ini membantu produksi DNA dan RNA serta pematangan sel-sel darah merah, yang pada akhirnya dapat mencegah anemia. Selain itu jeruk juga mengandung beberapa jenis mineral, salah satunya adalah potasium. Mineral esensial ini berperan memelihara keseimbangan asam dan air dalam tubuh dan menjaga tekanan darah normal.

Selain buah jeruk, tentunya kita juga mengenal jeruk nipis yang berbentuk bulat, kecil, kulit luarnya nampak kehijauan dan rasanya asam namun menyegarkan. Nah di sini saya juga akan membahas tentang manfaat jeruk nipis. Tentunya ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh jeruk nipis ini. Buah jeruk merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, namun untuk buah yang satu ini ternyata tidak hanya kaya akan vitamin C tetapi juga zat-zat lain yang menyebabkan buah ini banyak digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit maupun untuk kecantikan.Nah saya akan membahas manfaatnya satu persatu.

  1. Batu Ginjal

Beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa jeruk nipis mempunyai manfaat mencegah kekambuhan batu ginjal, khususnya batu ginjal kalsium idiopatik. Menurut laporan tersebut, dengan mengkonsumsi jeruk nipis timbulnya batu ginjal bisa dicegah.

  1. Batuk dan Influenza

Penyakit ini terjadi karena menurunnya daya tahan tubuh sehingga kuman-kuman dapat dengan mudah berkembang dalam tubuh kita. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis sangat berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kuman-kuman patogen (kuman yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit) dapat dimatikan oleh tubuh.Biasanya orang menggunakannya dengan cara membelah buah jeruk nipis, kemudian permukaan belahannya diberi olesan kapur sirih. Lalu dipanaskan, sebelum akhirnya perasan airnya diminum bersama air jernih. Resep ini juga berguna sebagai pemaksa keluarnya dahak.

  1. Ketegangan otot

Kandungan kalsium dan lisin dalam jeruk nipis dapat mempengaruhi kerja otot sehingga otot-otot menjadi lebih rileks. Digunakan dengan cara menggosokkan bagian yang pegal memakai perasan jeruk nipis ditambah dengan sedikit air. Atau dengan merendam bagian yang pegal di air perasan buah jeruk yang telah ditambah air hangat di dalam ember kecil.

  1. Kecantikan kulit

Kulit adalah pertahanan tubuh yang paling luar untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh kita. Oleh karena itu kulit sangatlah penting dan harus dijaga agar tetap sehat, selain juga untuk kecantikan.Pada buah jeruk nipis ini, banyak terkandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stress, vitamin A untuk meningkatkan daya tahan kulit terhadap infeksi, air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh mengingat 90% dari tubuh kita terdiri atas air, dan protein yang berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan ataupun memperbaharui jaringan yang sudah tua. Dan dengan kandungan zat-zat lainnya, jeruk nipis dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kulit sehingga membuat kulit nampak lebih bersih, segar, halus, putih dan pori-pori mengecil.Hal ini dapat dilakukan dengan cara meletakkan dan mengusapkan potongan buah jeruk nipis yang masih segar kepada kulit.

Dan masih banyak penyakit yang dapat diobati dengan jeruk nipis ini, seperti amandel, ambien, malaria, mimisan, sesak nafas, sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat haid, dan perut mual. Juga dapat untuk membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok, membuat kuku bersih dan cemerlang, menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok, mengkilatkan kembali barang-barang yang terbuat dari kuningan serta logam lainnya dan sebagai penyedap masakan.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar